Gempa Donggala Menyebabkan Tsunami Sampai Kabupaten Palu

Gempa Donggala Menyebabkan Tsunami Sampai Kabupaten Palu - Semuanya berasal dari Allah dan pula akan dikembalikan kepadaNya. Ucapan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya untuk para korban di Donggala, Sulawesi Tengah. Semoga senantiasa diberi ketabahan dan kesabaran serta diberi kemudahan untuk jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Gempa Donggala Menyebabkan Tsunami Sampai Kabupaten Palu

Bencan gempa bumi di Donggala, Sulawesi Tengah ini sebelumnya sempat diinformasikan berkekuatan 7,7 SR oleh BMKG, namun dalam updatenya berkurang menjadi 7.4 SR.

Pada Jum'at sore (28/9/2018), pukul 17.02 WIB laman resmi BMKG memberitakan bahwa telah terjadi gempa bumi dengan titik gempa berpusat terjadi di darat pada jarak 27 km Barat Laut Donggala dengan kedalam gempat 10 KM. dan lokasi gempa berada pada 119,85 bujur Timur.

Gempa kali ini telah menimbulkan kerusakan pada bangunan-bangunan dengan kerusakan yang sangat parah serta pada pasilitas milik masyarakat lainnya. Sehingga Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengalami kesulitan untuk mencapai banyak lokasi yang terdampak.

BMKG langsung memberikan peringatan kepada seluruh masyarakat akan potensi tsunami yang diakibatkan gempa tersebut serta masih ada potensi untuk terjadi kembali gempa susulan. Hingga pukul 21:35 sudah terjadi sebanyak 30 kali gempa susulan dan masih akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Bahkan getaran gempa Donggala ini dirasakan sampai ke kota Makasar dan kota besar lainnya di Sulawesi.

Tsunami
Gempa Donggala ini telah mengakibatkan Tsunami di 2 kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Palu dan Kabupaten Donggala.

BNPB menjelaskan dalam laporannya, bahwa tsunami terjadi di pantai Talise, Palu serta Pantai Donggala di Sulawesi Tengah setelah terjadinya gempa bumi dengan kekuatan 7,4 sr.

Sampai saat ini, BNPB masih melakukan pendataan mengenai total kerusakan dan korban. Selain itu, saat ini para petugas dari BPBD dibantu TNI, Polri SAR dan relawan setempat langsung difokuskan untuk mengefakuasi para korban serta memberikan pertolongan kepada korban yang mengalami luka.

Aliran Listrik Terputus
Selain itu, gempa Donggal ini telah mengakibatkan terputusnya pasokan listrik dari PLN. Ada sekitar 276 base station yang tidak bisa digunakan pasca terjadinya gempa.

Akibat terputusnya pasokan listrik ini telah menyebabkan jaringan komunikasi tidak bisa di operasikan. Oleh karena itu operator komunikasi sedang fokus untuk memulihkan pasokan listrik darurat.
Baca Juga : Penjelasan Doa Ketika Ada Gempa Bumi
Selain itu Kemkominfo mulai melakukan langkah-langkah penanganan guna bisa memulihkan kembali komunikasi yang terputus akibat gempa ini.

Harapan
Semoga dari bencana yang terjadi hari ini, kita bisa mengambil hikmah dan pemikiran postitif untuk kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang dengan pertolongan Allah SWT. Amin

Posting Komentar