5 Langkah Untuk Mencegah Terjadinya Demam Berdarah

Penting sekali bagi kita untuk memahami 5 Langkah Untuk Mencegah Terjadinya Demam Berdarah pada kita atau anggota keluarga kita. Kamu mungkin sering mendengan kalimat demam berdarah, tapi tahukah kamu apa itu demam berdarah?... mendengarnya mungkin sering tapi secara penjelasan mungkin masih banyak yang tidak tahu, bukan?.

5 Langkah Untuk Mencegah Terjadinya Demam BerdarahDemam Berdarah Dengue (DBD) atau yang lebih sering disebut dengan demam berdarah (DB) ini adalah penyakit demam yang akut akibat masuknya virus dengue ke dalam tubuh penderita melalui peredaran darah setelah gigitan nyamuk dari genus aedes. Seperti nyamuk aedes albopictus atau aedes aegypti.

Kedua jenis nyamuk ini ditemukan berkembang biak di iklim tropis, terutama ketika memasuki musim penghujan dengan cuaca yang lembab.

WHO sebagai organisasi kesehatan dunia telah memperkirakan bahwa setiap tahunnya ada sekitar 50-100 juta kasus infeksi virus dengue ini diseluruh dunia.

Ngeri bukan?.. Jadi .. yuk semangati diri kita untuk melakukan pencegahan.

Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi sebelum terlambat semuanya, maka penting sekali kita melakukan sesuatu sebagai pencegahan dari yang tidak diinginkan yang bisa menimpa kita atau anggota keluarga kita.

Bagaiman cara untuk mencegah DBD ini?
Cara mencegah DBD adalah dengan mencegah muculnya jentik nyamuk Aedes Aegypty. Hal Untuk mencegah munculnyanya nyamuk pembawa virus Dengue, biasanya dilakukan penyemprotan atau fogging untuk mencegah munculnya jentik nyamuk Aedes aegypti yang bisa berkembang biak apabila dibiarkan.

Tetapi hal itu belumlah cukup untuk mencegah munculnya nyamuk Aedes aegypti. Oleh karena itulah, pencegahan juga harus tetap kita lakukan secara mandiri di rumah.

Berikut 5 cara yang wajib kita lakukan demi mencegah munculnya jentik Nyamuk Aedes Aegypti;


1. Biasakan seminggu sekali kita membersihkan bak mandi
Air adalah tempat paporit untuk berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypti. Biasanya yamuk betinanya akan bertelur pada dinding bak yang terisi air, kemudian larva nyamuk akan mendapat makanannya dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya.

Selama waktu pembiakan ini, larva nyamuk ini melepaskan kulit pelindungnya dan selanjutnya berkembang biak sampai tahap terakhir. Ketika larva nyamuk sudah menguat, larvapun berubah menjadi pupa. pada tahapan ini tidak lagi membutuhkan makanan. Pupa cuma melalui proses perubahan bentuknya sampai akhirnya pupa ini berubah menjadi nyamuk biasa yang siap terbang.

Dari mulai telur, kemudian menjadi larva, pupa hingga menjadi nyamuk ini berlangsung selama 8 – 10 hari dalam suhu ruang. Jadi dengan membersihkan bak mandi kita sebanyak satu minggu sekali dapat memutus siklus hidup nyamuk Aedes aegypti ini sehingga tidak bisa berkembang.

2. Rajin-rajinlah membersihkan perabotan rumah tangga yang ada dirumah yang menampung air, seperti baskom, vas bunga, atau wadah lainnya, yang bisa menjadi tempat bersarangnya nyamuk yang berpotensi berkembang biak disana. Ini penting diperhatikan sebagai pencegahan munculnya nyamuk aedes aegypti.

Selain itu, kebersihan itu adalah sebagian dari iman. Mungkin keimanan kita akan lebih bermartabat bila dibarengi dengan kebiasan hidup bersih dan menyehatkan..

3. Pasangkan kasa nyamuk di setiap celah atau tempat sirkulasi udara yang tidak dipasangi kaca. Kasa nyamuk yang dipasang ini tujuannya adalah untuk mencegah masuknya nyamuk ke dalam rumah.

Apalagi bila di depan atau dibelakang rumah kita ada kolam tempat bergenangnya air yang kurang terkontrol. Ini sangat rawan karena bisa menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti yang kemungkinan besar akan mampir kerumah kita untuk bersilaturrahmi. heheh

4. Jangan biarkan baju kita menumpuk atau menggantung  terlalu lama. Karena bisa dijadikan tempat untuk istirahat oleh para nyamuk ini. Jadi sering-seringlan perhatikan gantungan baju kita yang ada di balik pintu.

Baju kotor yang menumpuk terlalu lamu dapat menjadi tempat favorit bagi para nyamuk yang ingin hinggap. Memang tumpukan baju kotor bukan tempat berkembang biaknya para nyamuk ini, tetapi merupakan salah satu tempat favorit bagi nyamuk untuk berhinggap.

Yang menjadi alasan dari hal ini adalah karena para nyamuk nyamuk sangat menyukai aroma tubuh manusia seperti Anda. Jika Anda harus menyimpan kembali baju yang telah dipakai itu, sebaiknya letakkanlah baju itu di tempat yang bersih dan harus tertutup, biar sang nyamuk tidak dapat masuk.

5. Jangan lupa gunakan lotion anti nyamuk ketika Anda mau bepergian, terutama pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian seperti tangan dan leher. Tidak hanya saat bepergian atuh, kita pun tetap wajig melindungi diri kita dari gigitan nyamuk pada saat kita sedang tidur pulas, karena sang nyamuk demam berdarah selalu gadang -ehh- aktif pada malam hari hingga menjelang subuh.

Alternatif lainnya, untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk ketika kita sedang tidur adalah dengan membentengi tempat tidur kita dengan kelambu. hmmm jadi ingat sama orang tua dulu...!!!

Itulah 5 cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana demam berdarah pada kita dan keluarga kita. Semoga bisa menjadi wawasan yang menginspirasi kita dalam menjaga kesehatan dan keselamatan kita dan orang-orang disekeliling kita.

Bagai mana cara mengatasi dampak demam berdarah ketika sudah terjangkiti DBD?...

Jangan hawatir, disini saya akan memberitahukan salah satu solusinya yang insya Allah solusi ini work. Apa itu?

taraaa... inilah paket produk dari synergy yang dirancang oleh para ahli, khusus untuk mengatasi DBD, yaitu; Liquid Chlorophyll dan Colostrum. Untuk info cara mendapatkan produk dan cara pakai produk ini, ada di SOLUSI DEMAM BERDARAH

Demikian 5 Langkah Untuk Mencegah Terjadinya Demam Berdarah ini, semoga bermanfaat bagi Anda, jangan lupa untuk membagikan postingan ini kepada rekan dan sahabat anda dengan semangat berbagi ilmu dan kemanfaatan.

Posting Komentar